Pages

Senin, 18 Juli 2011

Cloud Computing di Google

{Sebelumnya mohon maaf kalau isinya masih berantakan.. maklum ane masih newbie gan}

Google.. nama ini tentunya sudah tidak asing lagi di telingan anda, namun taukah anda bahwa ternyata google ini tidak sekedar merupakan Search Engine semata. Ada berbagai fasilitas keren & menarik yang disediakan oleh Google untuk kita manfaatkan. Diantaranya adalah :
1. Google Docs


2. Google Group


3. Google Video


4. Google Sites


5. Google Storage

dan masih banyak lagi..

Bagi yang ingin langsung men-download tutorialnya bisa langsung klik di sini

Mari kita bahas satu-persatu fungsi/kegunaan dari masing-masing item tersebut..



1. Google Docs

Google Docs adalah sebuah aplikasi gratis yang berbasis Web yang digunakan untuk mengolah kata, spreadsheet, slide show, form, dan data storage service yang disediakan oleh Google. Ini memungkinkan user untuk membuat dan meng-edit dokumen secara online dan berkolaborasi secara Real Time dengan user lain. Google Documents menggabungkan fitur Writely dan Spreadsheets dengan program presentasi menggabungkan teknologi yang dirancang oleh Tonic Systems. Penyimpanan data dari setiap file hingga 1GB.

2. Google Group

Google Groups adalah layanan dari Google Inc yang mendukung kelompok-kelompok diskusi , termasuk banyak Usenet newsgroup, berdasarkan kepentingan bersama. Layanan ini dimulai pada tahun 1995 sebagai Deja News, dan dialihkan ke Google Groups setelah pembelian Februari 2001. Keanggotaan di Google Groups adalah gratis dan banyak kelompok anonim. Pengguna dapat menemukan kelompok-kelompok diskusi yang berhubungan dengan kepentingan mereka dan berpartisipasi dalam percakapan ulir , baik melalui antarmuka web atau melalui e-mail. Mereka juga dapat mulai membentuk kelompok baru. Google Groups juga mencakup arsip Usenet newsgroup posting sejak tahun 1981 dan mendukung membaca dan posting ke grup Usenet. Pengguna juga dapat mengatur arsip mailing list untuk e- daftar mail yang di-host di tempat lain.

3. Google Video

Google Videos merupakan layanan saling berbagi video (sharing video) dari situs Google. Lewat layanan ini bahkan pengguna Blogspot/Blogger tidak perlu login untuk dapat memajang video sebagai suntingan. Google Video menyediakan layanan video yang mudah digunakan. Google Videos memanjakan para pecinta blog dengan memberikan kemudahan untuk berbagi video. Di layanan Google Videos ini, pengguna tidak perlu login ke blog maupun ke surel atau email di Google (jika punya). Bahkan untuk pengguna Blogspot, TypePad, MySpace, dan LiveJournal ada cara untuk menampilkannya secara otomatis.

4. Google Sites

Google Sites adalah aplikasi wiki terstruktur untuk membuat situs web pribadi maupun kelompok, untuk keperluan personal maupun korporat. Google Sites disiapkan sebagai pengganti dari Google Page Creator. Situs yang dibuat akan memiliki alamat http://sites.google.com/site/username/. Google Sites adalah cara termudah untuk membuat informasi dapat diakses oleh orang yang membutuhkan cepat, akses up-to-date. Orang-orang dapat bekerja sama dalam Situs untuk menambahkan berkas file lampiran, informasi dari aplikasi Google lainnya (seperti Google Docs, Google Calendar, YouTube dan Picasa), dan konten baru yang bebas bentuk. Membuat situs bersama-sama semudah mengedit dokumen, dan pengguna selalu mengendalikan siapa yang memiliki akses, apakah itu hanya sendiri, tim, atau seluruh organisasi. Pengguna bahkan dapat menayangkan Situs untuk dunia. Aplikasi web Google Sites dapat diakses dari komputer yang terhubung internet.

5. Google Storage

Google Storage dapat digunakan untuk menyimpan dan mengakses data Anda di Google. Layanan ini menggabungkan kinerja dan skalabilitas Google cloud dengan keamanan yang canggih dan kemampuan berbagi. Ini adalah Infrastruktur sebagai Layanan ( IaaS ), dibandingkan dengan Amazon S3 layanan penyimpanan online.

Nahh... Untuk lebih lengkapnya anda bisa men-download tutorialnya
disini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar